Diduga Pekerjaan Jalan Lapen Tidak Sesuai Dengan Spesifikasi Teknis

Sampang – Fajar Nusantara News, Salah satu program pemerintah provinsi untuk percepatan pembangunan melalui, Kelompok Masyarakat (Pokmas), namun program tersebut kurangnya pengawasan dari dinas provinsi sehingga penerima manfaat seenak hati yang hanya meraup keuntungan pribadinya tanpa memperhatikan kualitas pekerjaannya, Salah satu pekerjaan jalan Lapen yang ada di Dusun Galis, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, yang banyak di keluhkan oleh para pengguna jalan karena dijalan tersebut lebih banyak pasir sebagai pelapisnya. Selasa (23/02/2021)

“Khawatir mas kalau lewat di jalan ini harus extra hati-hati karena lapisan pasirnya yang dibuat lapisan aspal setelah pekerjaan itu selesai lebih tebal, ungkap salah satu pengguna jalan yang namanya engan disebutkan namanya.” Selain itu pekerjaan lapen tersebut dilokasi tanpa dilengkapi adanya prasasti ataupun papan informasi publik hal itu sudah nyata melanggar UU No. 14 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).
Dalam Peraturan Presiden (Perpres) nomor 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006 tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung (Permen PU 29/2006) dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 12/PRT/M/2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Perkotaan (Permen PU 12/2014).

Saat dikonfirmasi PLT Kades Jatra Joko menyebutkan bahwa pekerjaan tersebut pelaksananya Adalah Arif Brata. Setelah pihak media mengonfirmasi lewat seluler, terkait pekerjaan lapen pada pelaksananya, Arif Brata mengatakankan, “Saya cuma pelaksana, Silahkan konfirmasi ke PLT kades Jatra Mas Joko,”Dalihnya.
Sungguh sangat disayangkan, selaku pelaksana tidak bisa memberikan satu keterangan secara gamblang pada pihak media terkait dugaan satu pekerjaan jenis lapen yang kuat dugaan tidak sesuai dengan spesifikasi teknis .(Ir)

193 total views, 193 views today