Jamaah Muslim Ahmadiyah (JAI) Mendapat Kehormatan Sebagai Pasukan Semut Dalam Harlah NU Ke 94

Sidoarjo-Fajar Nusantara News, Jamaah Muslim Ahmadiyah (JAI) Jawa Timur, mendapat kehormatan sebagai tim kebersihan dalam acara Harlah Nahdlatul Ulama (NU) ke-94 yang diselenggarakan PCNU Kec, Taman ( Ahad 12/01) dan JAI menggerakan pasukan biru Clean The City (CTC)nya untuk mendukung acara itu, Partisipasi CTC ini juga merupakan program turunan di daerah atas kerjasama bidang sosial kemanusiaan secara nasional, yang telah dicanangkan oleh PBNU yang diwakili Ketua Umumnya Prof. KH. Aqil Siroj dan Amir Nasional Jamaah Muslim Ahmadiyah, Maulana H. Abdul Basith, Shd. di kantor PBNU Kramat Raya, Jakarta pada 16/12/2019 yang lalu.

Acara yang dikemas dalam sebuah kirab kebangsaan ini mengambil tema “Kirab Merah Putih, Menyongsong Seabad NU,” dimulai pukul 06.30 WIB.

Pada kesempatan apik itu juga diikuti Lintas Ormas, Lintas Agama dan lintas pemuda., dalam acara tersebut diawali kata sambutan dan Iftitah pelepasan Kirab oleh ketua Syuria PCNU Taman, KH. Baidhowi Mufti, BA. menyampaikan,” bahwa NU sejak kelahirannya pada tanggal 31 Januari 1926, selalu menjadi sasaran tembak bagi semua pihak yang tidak menginginkan berdirinya Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”. Bahkan, masih menurut beliau, “Ada pihak yang mentargetkan tahun 2030 NU bubar, Maka NU mengajak semua komponen bangsa yang berkomitmen terhadap NKRI untuk bersama-sama menjaga dan berjuang mempertahankannya,” tegasnya.

Acara Kirab yang dipusatkan di halaman Universitas Ma’arif Hasyim Latif (UMAHA) itu, diisi beragam penampilan apik, diantaranya musik patrol, bendera besar, barongsai, drumband Banser, dan lain lain.

Sedangkan Clean the City Jatim menurunkan lebih 80 personel dari 100 personel yang ditargetkan, namun hasil pembersihan lokasi tetap maksimal.

Mereka membersihkan sisa sisa sampah sejak awal hingga selesai acara pukul 12:00 WIB di area kumpul dan finis, hingga ke jalan umum sekitar kampus.

Diakhir acara, ketua Panitia penyelenggara, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi dan keiklasan CTC yang oleh panitia dijuluki “pasukan semut” itu, juga panitia berharap agar CTC tidak bosan bosannya untuk menjadi tim kebersihan diacara-acara selanjutnya,” ujarnya

Dan Ajakan ketua panitia itupun disambut oleh Korlap CTC, Budiono (Amir Jemaah Ahmadiyah Daerah Jatim 1). Pihaknya menyatakan bahwa,“ CTC siap dan ikhlas mendukung segala giat dan acara oleh warga manapun yang mengadakan acara di Jatim ini”.

Sementara itu, Lina salah satu pengurus Fatayat NU menyampaikan apresiasi dan kekagumanya atas gerakan komunitas Clean the City dari Jemaah Ahmadiyah,
“Alhamdulillah di acara Kirab Merah Putih dalam rangka Harlah NU ke-94 ini dibantu para relawan Clean the City. Orang orang disamping saya ini adalah sahabat hebat. Gerakan mereka sungguh luar biasa. Para relawan ini membersihkan sisa sisa sampah yang berada di sekitar kampus, tempat acara. Gerakan Clean the City merupakan aplikasi dari Annadhofatu minal iman, kebersihan sebagian dari iman. Kerjasama kami dengan para relawan CtC ini merupakan kerjasama yang bagus, terimakasih dan saya sangat salut kepada anda semua”, jelasnya.

Nampak hadir pula di acara itu, para pengurus NU, LDII, dan tokoh lintas agama, sedangkan dari Tim Relawan CTC ikut serta, Mln. Arif Rahman Hakim (Mubaligh Ahmadiyah Daerah Jatim 1), Mln. Sajid Ahmad Sutikno (Mubaligh Ahmadiyah Daerah Jatim 2), beberapa orang korps muballighin, Ahmad Nurudin Rubianto (Amir Daerah Ahmadiyah Jatim 2), M. Mahfudz (Pembina Waqafenou Jatim), Toto Aprianto (Qaid MKAI/ketua pemuda Ahmadiyah), para pengurus dan anggota dari kaum bapak dan ibu-ibu Lajnah Imaillah, serta anak-anak dari Jatim 1, 2 dan 3. (stya)