Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kelurahan Pakansari Mengelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an ( MTQ ) Tingkat Anak, Remaja Dan Dewasa Tahun 2024

Bogor – Fajar Nusantara News, Majlis ulama Indonesia (MUI) kelurahan Pakansari baru saja menyelenggarakan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat kelurahan Pakasari, pada hari Sabtu 13 juli 2024 yang di laksanakan di halaman kantor kelurahan Pakansari jalan Tegar Beriman kabupaten Bogor.

Acara berjalan dengan lancar dan sukses serta mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat. Acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Alqur’an dengan baik dan benar, serta memiliki kecintaan dan semangat berintraksi dengan Alqur’an.

MTQ ini merupakan MTQ ke 1 Tingkat Kelurahan Pakansari Tahun 2024 yang dilaksanakan pada sabtu 13 Juli 2024 kemarin di Kantor Kelurahan Pakansari. MTQ ini akan diadakan setiap tahun.

Di dukung pula oleh Indosat IM3 adalah sebagai sponsor utama MTQ ke 1 Tingkat Kelurahan Pakansari Tahun 2024.

Ada 8 cabang yang di lombakan yaitu 5 cabang utama dan 2 cabang eksebisi. Cabang Utama
1) Tilawah, anak-anak maksimal usia 13 tahun (Putra dan Putri)
2) Murotal, anak-anak, maksimal usia 13 tahun (Putra dan Putri)
3) Tilawah, remaja, maksimal usia 24 tahun (Putra dan Putri)
4) Tilawah, dewasa, maksimal usia 40 tahun (Putra dan Putri)
5) Tahfidz juz 30, anak-anak, maksimal usia 13 tahun (Putra dan Putri)

Cabang Eksebisi
1) Adzan, anak-anak, maksimal usia 13 tahun (Putra)
2) Hadroh + Marawis (1 team 5 orang)

Kegiatan MTQ di awali dengan pawai taaruf, pembukaan, lomba MTQ dan penutupan jumlah peserta 84 peserta yang merupakan perwakilan dari 13 RW. Ada 13 RW dan 83 RT dengan jumlah penduduk 35.000 jiwa warga sekelurahan Pakansari.

Panitia MTQ adalah perwakilan dari setiap RW. Ada 13 RW yang di ketuai oleh H. Miftahudin. ST dari RW 09. Pembukaan di hadiri sekretaris kecamatan Cibinong yang juga Ketua LPTQ Kecamatan Cibinong, Lurah Kelurahan Pakansari R. Ade Juwira Rasidinata. SH. MH. sekalgus membuka MTQ. Ketua MUI Kecamatan Cibinong, Ketua MUI Kelurahan Pakansari Ustadz H. Rahmat. Spd.i.

Dewan Juri MTQ adalah dari LPTQ Kecamatan Cibinong yang kualifikasinya level Kabupaten Bogor.

Sebagai Juara Umum MTQ ke-1 ini adalah RW 04 yang memperoleh 6 medali emas, 12 medali perak dan 1 medali perunggu. Ada 5 cabang utama MTQ. Ada 3 juara setiap cabang yaitu Juara 1, 2 dan 3. Semua mendapat Piala, sertifikat dan dana pembinaan. Juara umum adalah yang mendapatkan juara terbanyak.

Sebagai keberlanjutan MTQ ke 1 ini, MUI Kelurahan Pakansari akan menyelenggarakan program bimbingan baca Al-Quran (pemula, tajwid, tahsin dan qiro), baik offline dan online, untuk warga RW 01 sd RW 13 sekelurahan Pakansari. Setiap tahun akan selalu ada MTQ.
Demikian ungkap H. Agung Susanto, SE, Ak selaku sekretaris panitia MTQ Kelurahan Pakansari 2024. (Djaelani)