Peringati HUT ke-79 Jajaran Forkopimcam Banyuates Gelar Upacara Bendera, ”Bertema Nusantara Baru, Indonesia Maju”

Sampang – Fajar Nusantara News, Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, jajaran Forum koordinasi pimpinan di kecamatan (Forkopimcam) beserta para Tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda, menggelar upacara bendera di lapangan ciputat, Desa Masaran, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang,tepatnya pada hari Sabtu(17/08/2024)

Upacara pengibaran sang saka merah putih tersebut dipimpin langsung oleh Fajar Sidiq S.STP, M.Si selaku camat Banyuates sebagai Inspektur upacara, turut hadir saat upacara Kapolsek dan Danramil Banyuates beserta jajarannya. Dalam upacara bendera kali ini mengusung tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju”

Di lokasi juga didapati jajaran personel dari pihak TNI/Polri dalam melakukan pengawalan pada kendaraan yang melintas dan pengamanan alur prosesi kegiatan upacara agar berjalan sebagaimana mestinya tanpa hambatan.

Sebelum Inspektur upacara membacakan teks proklamasi,pancasila dan teks dari Bupati Sampang, seluruh undangan yang hadir lebih dahulu menyaksikan proses pengibaran bendera merah putih yang dilaksanakan oleh pasukan paskibraka putra-putri terbaik Kecamatan Banyuates dengan diiringi oleh lagu Indonesia Raya.

Setelah proses pengibaran bendera selesai dilaksanakan, Inspektur Upacara melanjutkan kenang jasa para pahlawan dengan mengheningkan cipta, berlanjut pada pembacaan Proklamasi dan pembacaan Pancasila. Inspektur Upacara Fajar Sidiq S.STP, M.Si berlanjut pada pembacaan sambutan dari Bupati Sampang,berikut penggalannya.

“Saya ucapkan selamat ulang tahun ke-79 kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai, dengan doa dan harapan, semoga diusia yang ke-79 segenap anak bangsa Indonesia termasuk seluruh masyarakat Kabupaten Sampang, terus bisa melanjutkan cita-cita proklamasi, mewujudkan rakyat Indonesia yang adil, makmur dan sentosa.”

Lanjut,” semoga di hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-79 bisa di jadikan satu momentum bagi kita semua untuk tidak lelah lakukan refleksi dan introspeksi atas capaian yang telah kita raih dalam mengisi kemerdekaan.”

“Di hari ulang tahun ke-79 Republik Indonesia menampilkan tema “Nusantara baru Indonesia maju” di dalamnya terselip sebuah pesan bahwa kita siap menyongsong tiga moment yakni penyambutan ibukota baru kita, ibukota Nusantara IKN, pergantian presiden serta persiapan menuju fisik Indonesia emas tahun 2045.” Ringkasnya.

Sebelum prosesi upacara bendera selesai, para tamu undangan tanpa terkecuali diminta untuk melakukan doa bersama yang dibawakan langsung oleh pemuka Kantor Urusan Agama, Moh. Juwaini,S.Ag,MHI yang menjabat sebagai penghulu KUA kecamatan Banyuates, berikut doa yang di panjatkan.

“Ya Allah Tuhan yang maha menyatukan hindari kami dari permusuhan dan perpecahan jauhkan kami dari saling menghina dan merendahkan masukkan kami dalam pemeliharaanmu.”Ya Allah Tuhan Maha pengampun ampunilah dosa-dosa kami dosa-dosa kedua orang tua kami ampunilah dosa tokoh bangsa dan pemimpin kami ampuni dan para pahlawan kami.” Tutupnya. (Ir)