Pj Kades Jatra Timur Apresiasi atas Keberhasilan Budayawan Banyuates Memasukkan Kosa Kata Bahasa Madura ke KBBI

Sampang – Fajar Nusantara News, Keberhasilan sosok Budayawan R.Tg. Jati Budoyo Bustomi Ir. Kn, S.Pd.,M.Pd.,M.M.,C,NS. Pria paruh baya asal Desa Jatra Timur, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, yang sudah berhasil memperjuangkan kosa kata Bahasa Madura masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Prestasi ini mendapat apresiasi dari Pj Kades Jatra Timur.

Menurut Bambang Joko Santoso, perjuangan Bustomi bukan hanya mengharumkan nama Desa Jatra Timur, tapi juga mengharumkan nama Kabupaten Sampang dan Madura, karena berkat perjuangan dan kegigihannya, kosa kata Bahasa Madura yang awalnya dipandang biasa saja, sekarang setelah masuk KBBI menjadi hal yang luar biasa.(02/09/2024)

“Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT. atas anugerah dan karunia-Nya yang telah memberikan kita kesempatan untuk menyaksikan momen bersejarah ini. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya selaku Pj Kepala Desa, ingin menyampaikan rasa bangga dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bustomi yang telah menerima penghargaan sertifikat yang diserahkan langsung oleh Pj Bupati Sampang, Rudi Arifiyato, sebagai pejuang kosa kata Bahasa Madura.”

“Bustomi bukan hanya sekedar putra daerah, tetapi adalah sosok inspiratif yang telah menunjukkan dedikasinya dalam melestarikan dan memperkaya bahasa ibu kita, Bahasa Madura. Upayanya dalam menjaga dan mengembangkan kosa kata Bahasa Madura ini merupakan warisan yang tak ternilai bagi generasi mendatang. Di tengah arus modernisasi dan globalisasi, Bustomi tetap gigih dalam menjaga identitas budaya kita melalui bahasa.”

“Penghargaan yang sudah diberikan oleh pihak Pemerintah Kabupaten ini adalah bukti nyata bahwa kerja keras dan komitmen dan perjuangannya selama ini mendapatkan pengakuan yang layak. Semoga penghargaan ini tidak hanya menjadi kebanggaan pribadi bagi Pak Bustomi, tetapi juga menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus melestarikan bahasa dan budaya lokal kita.”

Atas nama masyarakat Desa Jatra Timur, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada sosok Budayawan Bustomi. Kami semua merasa terhormat memiliki seseorang seperti beliau berada di tengah-tengah kita. Semoga dedikasi dan semangatnya senantiasa menjadi teladan bagi kita semua. Teruslah berkarya dan menjaga warisan budaya kita.” Pungkasnya (Ir)