Verifikasi Lapangan KRL Duta Parahyangan Dari Pratama Ke Madya

Bogor – Fajar Nusantara News, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor tahun 2024 melaksanakan verifikasi lapangan terhadap 347 Kampung ramah lingkungan se Kabupaten Bogor, selanjutnya untuk Kecamatan Cibinong ada 25 KRL yang akan diverifikasi salah satu diantaranya adalah KRL Duta Parahyangan RW 09 Kelurahan Pakansari. Verifikasi lapangan di KRL. Duta Parahyangan RW 09 dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 1 Oktober 2024 bertempat di RT 006/09 perumahan Duta Parahyangan.

Kegiatan verifikasi lapangan dilakukan oleh tim dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, dengan tujuan untuk memastikan komitmen masyarakat dalam menyesuaikan (adaptasi), mencegah (mitigasi) dan peran partisipasi masyarakat terhadap perubahan iklim.

Verifikasi lapangan di KRL Duta Parahyangan RW 09 merupakan kegiatan yang berkelanjutan dari tahun 2023 dengan kategori Pratama menuju kategori Madya di tahun 2024, “Saya selaku Lurah Pakansari merasa senang dan bangga bahwa ada perubahan dan kemajuan yang signifikan terhadap kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan, diantaranya pengelolaan sampah, pemanfaatan halaman, pekarangan ditanami berbagai jenis tanaman yang menghasilkan, pembuatan lubang biopori, betonisasi jalan, pembuatan saluran air dan irigasi serta partisipasi warga terutama para kader Posyandu,” tegas Raden Ade Zuwira Rasdinata, S.H.,M.H.

Ketua RW 09 Kelurahan Pakansari Drs. Sigit Murjati,M.M dalam sambutan selain menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran ucapan tim Verifikasi lapangan dan segenap tamu undangan menegaskan bahwa, “Kami KRL. Duta Parahyangan RW 09 menampilkan dan menyajikan perkembangan berbagai kegiatan adaptasi perubahan iklim, mitigasi perubahan iklim dan peran serta masyarakat terhadap perubahan iklim apa adanya dan yang terpenting dengan adanya verifikasi lapangan kami akan mendapatkan umpan balik terhadap kekurangan-kekurangan yang akan diperbaikan dikemudian hari.

Untuk mengetahui lebih lengkap berbagai kegiatan yang telah dilakukan KRL. Duta Parahyangan, Ketua RT 006/09 Kelurahan Pakansari Eka Wardana menyajikan presentasi capaian-capaian kegiatan kampung ramah lingkungan dari komponen adaptasi, Mitigasi, dan partisipasi masyarakat dan untuk mengetahui kondisi riil selanjutnya tim verifikasi lapangan langsung turun kebeberapan titik kegiatan meliputi wilayah perumahan Duta Parahyangan RT 006/09 meninjau pemanfaatan halaman, lahan terbuka dengan berbagai tanaman, pembuatan lubang biopori, pembangunan infrastrutur jalan, tempat bermain dan ber olah raga, bank sampah, kegiatan Poktan dengan berbagai demplot serta pembuatan pupuk dari limbah ternak jangkrik, sampah dapur dan sampah dedaunan.

Tim verifikasi yang lain berkunjung ke bank sampah Binar Berlian RT 004/09 perumahan Kinan City untuk mengecek kegiatan pengelolaan sampah rumah tangga yang kegiatannya sudah dimulai sejak Indonesia kena musibah Covid tahun 2021 dengan nasabah 60 kepala keluarga.

Untuk mengecek kegiatan adaptasi berkaitan dengan permasalahan bencana alam berupa banjir musiman dilakukan verifikasi di RT 005/09 perumahan Mutiara Hijau dengan berbagai upaya diantaranya pembangunan tanggul saluran air/sungai kecil, pembuatan sodetan air dan taman yang ditata rapi dan indah.

Berdasarkan verifikasi ke lapangan secara umum tim verlap Ibu Anjar dan Kang Abdan menyampaikan bahwa KRL Duta Parahyangan RW 09 Kelurahan Pakansari sudah cukup bagus dan layak naik kategori dari Pratama menuju Madya, Komponen yang harus ditingkatan berikutnya diantaranya pembuatan lubang biopori, pengelolaan sampah di semua RT, pembuatan lubang komunal untuk menampung sampah sisa makanan serta peran partisipasi warga di segala komponen.

kesempat tersebut ditampilkan juga peran serta dari SD Negeri Pakansari 04 yang masih merupakan wilayah RW 09 Pakansari menampilkan kegiatan pengelolaan sampah dari dedaunan dibuat pupuk organik padat dan pupuk organik cair dengan inovasi membuat mesin pencacah daun yang sangat sederhana.

Verifikasi lapangan di KRL. Duta Parahyangan selain dihadiri para Ketua RT, Pengurus PKK Kelurahan Pakansari, PKK RW 09 dan pengurus dan Kader Posyandu (Bungur, Anyelir, Matahari dan Melati Gambir), turut hadir Kepala seksi Ekbang Kecamatan Cibinong ibu Hj Laela, Sekretaris Kelurahan Pakansari Nurjaya, Kepala Seksi Ekbang Kelurahan Pakansari Anwar Sanusi, hadir pula Pendamping Lingkungan Hidup Daniel dan M. Taufik serta Pengurus RW 09 Pakansari. (Djaelani)